Beda Filosofi, Beda Gaya

FINAL liga champions antara juventus fc di Olympiastadion Berlin , jerman, minggu (7/6) dini hari WIB, akan menjadi pertarungan dua kutub sepak bola eropa.

Barca mewakili liga primera spayol yang dikenal kental dengan gaya menyerang. sementara juventus adalah representsasi seri A Liga itali yeng cenderung bergaya defensif. selama ini los cules identik dengan tiki taka. Tiki taka adalah gaya bermain sepak bola yang cirinya umpan-umpan pendek dengan pergerakan dinamis.Memindahkan bola melalui beragam saluran dan mempertahankan penguasaan sikulit bundar. Tiki-taka mencapai puncaknya ketika la blaugara dilatih pep guardiola pada periode 2008-2012. pep dengan genius mengembangkan taktik total voetbal yang pernah diperolehnya dari johan cruyff.

sepeninggalan pep tiki-taka terus dipertahankan. namun dibawah polesan enrique, gaya itu dibuat lebih fleksibel. Enrique memperbolehkan umpan-umpan langsung kedepan sesuatu yang dibikin tabu oleh semasa pep guardiola.

sebenarnya inti dari filosofi sepak bola sepanyol adalah ” taklukan bola maka kamu akan memenangi pertandingan!” filosofi itu yang membuat negri matador menjelma menjadi raksasa baru dipentas dunia sejak memenangi piala eropa 2008.

La furia Roja kemudian meraih piala dunia 2010 dan mempertahankan Euro 2012. mereka menunjukan bagaimana kemampuan filosofi yang mereka usung. Yakni kolektivitas permainan secara tim dan terus mengendalikan penguasaan bola.

” kami tak tahu cara lain untuk bermain. karena itu, kami akan melakukan hal yang sama saat final dan semoga kami meraih keuntungan sehingga memenangi pertandingan nanti,” kata andrees iniesta, kapten kedua barca.

ya, lawan juve, los cules tetap konsisten mengusung gaya, tiki-taka peninggalan pep yang dipoles oleh enrique. penerus gerardo martino itu bakal setia  dengan konsep tangguh dibelakang, kuat ditengan, dan tajam didepan.

trio penyerang lione messi, neymar dan luis suarez menjadi monster yang ditakuti setiap lawan. Betapa tidak, musim ini trio sula berhasil mengumpulkan 120 gol. kehebatan messi berhasil diimbangi teman-temannya. itulah kkuatan utama los Azulgrana yang berambisi membidik treble winners kedua selepas sukses musim 2008-2009.

cenderung bertahan

bagaimana dengan filosofi sepak bola itali ?

ciri khas  Negeri sphagetti memang cenderung bertahan. catenaccio, sistem pertahanan gerendel, lahir dari kehidupan masyarakat. budaya sepak bola itali memandang hasil akhir adalah segalanya.

sepak bola dilihat dari ukuran statistik :  manag atau kalah. gialuca vialli eks striker juve dalam bukunya the italian job memberikan komprasi menarik terkait budaya sepak bola italian dan inggris.

vialli mengambarkan, di itali sepak bola merupakan pekerjaan, sedangkan di inggris sepak bola merupakan permainan. inggris bermain dengan hai sementara itali bermain dengan otak.

seandainya sun tzu masih hidup, para pelatih itali mungkin yang akan paling antusias berdiskusi dengan ahli perang tiongkok itu. dalam menerangkap takik, sun tzu menyarankan pendekatan berdasarkan kualitas dan karateristik lawan.

inilah ciri khas dari sepak bola itali: variasi dan fleksibilitas  taktik. tak ada satupun yang paling unggul.

nah, ciri khas itu yang agaknya hendak diterapkan massimilio Alegri. dia memang slalu mengedepankan variasi permainan dan fleksibilitas  taktik. dalam kondisi tertentu, pemain depan dipaksa turun kebelakang demikian pula sebaliknya.

untuk urusan taktik, Alegri sering bermain-main. Dia berhasil memadukan sistem tiga dan empat bek secara bergantian, bekas allenatore ac milan itu juga mencampur sistem penyerangan dan double striker.

Difinal nanti, perbedaan gaya filosofi dan gaya bermain tampakya bakal tergambar jelas dilapangan, barca siap menekan habis dengan mengendalikan penguasaan bola, sebaliknya biannocerri bertipe cenderung defensif lalu menekan balik untuk menekan lawan.

Catatan head to head Juventus vs Barcelona:

1970/1971 Fairs Cup
Barcelona 1-2 Juventus
Juventus 2-1 Barcelona

1985/1986 European Cup
Barcelona 1-0 Juventus
Juventus 1-1 Barcelona

1990/1991 Winners Cup
Barcelona 3-1 Juventus
Juventus 1-0 Barcelona

2002/2003 Liga Champions
Juventus 1-1 Barcelona
Barcelona 1-2 Juventus

Iklan
Pos ini dipublikasikan di bola, olahraga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s