5 Film Olahraga Indonesia Terbaru (Selain Sepak Bola)

5 Film Olahraga Indonesia Terbaru (Selain Sepak Bola)

Memasuki milenium baru, perfilman Indonesia mulai bangkit dengan dibuatnya berbagai macam film, yang mengangkat beragam tema. Film yang mengangkat tema olahraga juga termasuk banyak diproduksi. Namun, sebagian besar film-film Indonesia bertema olahraga dibuat seputar cabang olahraga sepak bola. Hal ini tentu wajar, mengingat sepak bola dianggap sebagai cabang olahraga yang dicintai rakyat Indonesia, dan paling dekat dengan keseharian. Akan tetapi, cabang olahraga lain juga sebenarnya tidak kalah menarik untuk diangkat.

Untunglah, beberapa filmmaker Indonesia masa kini juga melihat potensi olahraga di luar sepak bola sebagai bahan cerita film yang menarik. Dalam 10 tahun terakhir, Muvila mencatat ada lima film Indonesia dengan latar belakang olahraga berbagai cabang di luar sepak bola, yang bisa dijadikan pilihan, khususnya dalam menyambut suasana SEA Games 2015 yang tengah berlangsung. Simak cuplikannya mulai halaman berikut.

Cabang olahraga: Tinju

Sineas Rudi Soedjarwo menulis dan menyutradarai sebuah drama dengan latar olahraga tinju ini. Dikisahkan seorang mantan petinju harus bertanding lagi dalam sebuah pertarungan keras, demi menjamin kehidupan keluarganya. Film ini dibintangi Abimana Aryasatya (dahulu bernama Robertino), didukung oleh Didi Riyadi, Tya Ariestya, dan Rina Hassim

Cabang olahraga: Bulutangkis

Cukup mengherankan bahwa sebagai bangsa yang berjaya di cabang bulutangkis dunia, Indonesia hampir tak pernah mengangkatnya ke film layar lebar. Film King, persembahan Alenia Pictures ini pun dinobatkan sebagai film Indonesia berlatar bulutangkis pertama—paling tidak di era milenium. Film ini mengangkat perjuangan seorang anak di kampung Jawa Timur dalam merengkuh cita-cita jadi juara bulutangkis.

Menampilkan akting dari Rangga Raditya, Ariyo Wahab, Mamiek Prakoso, Surya Saputra, Valerie Thomas, dan Wulan Guritno, judul film ini meminjam nama atlet bulutangkis legendaris Indonesia, Liem Swie King, yang merupakan idola dari sang tokoh utama. King merupakan debut dari aktor Ari Sihasale sebagai sutradara, berdasarkan skenario dari Dirmawan Hatta, dan cerita dari Ari Sihasale, Nia Zulkarnaen, dan Andhy Pulung.

Cabang olahraga: Futsal

hattrick (2012)

Olahraga “sepak bola mini” futsal juga sempat diangkat jadi film layar lebar Indonesia. Film Hattrick menggabungkan pertandingan futsal dengan drama penuh intrik, seputar sebuah turnamen underground yang dikuasai mafia. Film produksi MVP Pictures ini disutradarai oleh Robert Ronny, berdasarkan skenario dari Ody C. Harahap, Robert Ronny, dan Amrit Punjabi. Film ini dibintangi Lukman Sardi, Arumi Bachsin, Dion Wiyoko, Denny Sumargo, Ira Wibowo, Fauzan Nasrul, dan Michael Jakarimilena.

SANG PEMBERANI (2014)
Cabang olahraga: Karate

Film ini menjadikan bencana tsunami Aceh sebagai latar awal filmnya, mengisahkan tentang seorang anak yang hendak mengembalikan semangat diri dan keluarganya dengan menjadi juara karate nasional dan internasional. Film ini disutradarai oleh Agung Dewa, Alyandra, dan Ryuken Raissa berdasarkan skenario buatan Salman Aristo. Menampilkan pemain muda Reza Hariyadi, film ini juga didukung oleh Artika Sari Devi, Tio Pakusadewo, Teuku Edwin, dan Willy Dozan.

MARI LARI (2014)

Cabang olahraga: Atletik

Film debut penyutradaraan Delon Tio ini mengangkat olahraga lari maraton, sesuatu yang tengah tren di kota-kota besar Indonesia, sebagai dasar ceritanya. Seorang pemuda yang kerap dianggap gagal bertekad mengikuti sebuah acara lari maraton di gunung Bromo, demi menghormati almarhum ibunya sekaligus pembuktian terhadap sang ayah, walaupun ia sendiri tak pernah berlari. Film yang ditulis oleh Ninit Yunita ini dibintangi Dimas Aditya, Olivia Jensen Lubis, Donny Damara, Ibnu Jamil, dan Ira Wibowo.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di kabar seputar indonesia, olahraga dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s