Ekspedisi NKRI Bagus untuk Redam Konflik di TNI

foto: Antara

Pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati menilai Eksepdisi NKRI yang dilakukan oleh Kopassus bermanfaat terhadap masyarakat lokal. Pasalnya, penjelajahan yang dilakukan oleh korps militer baret merah itu menemukan keanekaragaman hayati yang tersebar di pelosok negeri.

“Banyak kekayaan kita flora fauna yang belum dipetakan dengan baik seperti adanya penemuan jenis pohon baru,” beber Nuning melalui keterangan tertulisnya kepada Okezone, Sabtu, (6/6/2015).

Perempuan yang akrab disapa Nuning itu mengimbau agar temuan-temuan Kopassus mampu ditindaklanjuti untuk pengembangan keilmuan. Sehingga mampu berguna secara luas

“Setiap ekspedisi ada buku, ini patut menjadi bahan penelitian lebih lanjut oleh pihak pemerintah maupun swasta dengan observaasi lanjutan yang lebih komprehensif,” imbuhnya.

Mantan anggota Komisi I DPR RI itu juga menganggap, bahwa ekspedisi yang meilbatkan tiga matra, Angkatan Udara (AU), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Darat (AD) serta masyarakat dan mahasiswa tersebut dapat menjadi sebauh cara meredam konflik. Sealin itu, upaya tersebut juga dapat dijadikan pintu masuk bagi para akademisi mengakaji lebih jauh kekayaan Indonesia.

“Terdiri dari tiga matra, polri, mahasiswa, peneliti. Ekspedisi ini entry point untuk masuk ke perguruan tinggi. Juga bagus untuk kurangi potensi konflik antar matra maupun dengan masyarakat,” pungkasnya.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di kabar seputar indonesia, politik dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s