Wisata Alam Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng

Kata Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Di (tempat tinggal) dan Hyang (Dewa). Dieng bisa diartikan sebagai tempat tinggal para dewa.

Kawasan Candi Dieng

Kawasan Candi Arjuna

Orang-orang Hindu Jawa kuno membangun ratusan candi dan membuat Dieng Plateau sebagai tempat suci, tetapi hanya delapan yang tersisa. Candi-candi ini dibangun dari abad ke 13 oleh Dinasti Sanjaya. Oleh masyarakat, candi-candi tersebut diberi nama berdasarkan karakter dalam legenda Hindu Jawa Kuno yang memiliki kesamaan dengan kisah Hindu terkenal Mahabarata dan Ramayana.

Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar

Terletak di Desa Dieng Kecamatan Kejajar, yaitu berupa mata air yang keluar dari batu purba. Nama Bimolokar dimaksudkan sebagai tempat di mana Sang Bhima Sena mensucikan diri (melukar/melepas). Tuk Bimo Lukar juga sebagai mata air sungai Serayu  yang dapat diartika siro ayu yang diyakini bisa menjadikan awet muda apabila seseorang mencuci mukanya di Tuk Bimo Lukar.

Telaga Warna, Telaga pengilon, Gua Semar, Gua Sumur dan Gua Jaran

Telaga warna

Terletak di Desa Dieng Kecamatan Kejajar. Merupakan telaga yang sangat indah yang memantulkan aneka warna hingga dinamakan telaga warna dan di sampingnya terdapat telaga lain yang disebut telaga pengilon yang berkilau seperti cermin. Di antara telaga terdapat gua Semar dengan panjang 4 meter dengan dinding batu dan biasa digunakan untuk meditasi, gua yang lain yaitu gua sumur dan gua juran. Di dalam gua sumur terdapat sumber air suci yang disebut Tirta Perwitasari (Jawa). Di lokasi inilah umat Hindu sering mengadakan upacara ritual yang disebut Muspe/Mabakti atau Medhak Tirta.

“SUNRISE” Bukit Sikunir

Sikunir

Pada pagi hari di bukit Sikunir yang terletak di Desa Sembungan Kecamatan Kejajar bisa disaksikan kemegahan golden sunrise dan bagaimnaa rasanya dikepung enam gunung sekaligus yaitu gunung Sindoro, gunung Merapi, gunung Merbabu, gunung Telomoyo, gunung Kembang dan gunung Prau.

Telaga Cebong

Telaga CebongTerletak di Desa Sembungan Kecamatan Kejajar, sebuah desa tertinggi di Jawa Tengah. Telaga Cebong di samping dimanfaatkan untuk pariwisata juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk pengairan lahan pertanian berupa tanaman sayur mayur. Pada waktu pagi hari di sekitar telaga Cebong masih terdengar suara kokok ayam hutan, yang menandakan terbitnya sinar matahari. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri di obyek wisata telaga Cebong.

Telaga Menjer

 

Telaga Menjer

Merupakan telaga alam yang terluas di Kabupaten Wonosobo, berada pada ketinggian 1.300 meter dpl dengan luas 70 Ha dan kedalaman air mencapai 50 meter. Terletak di Desa Maron Kecamatan Garung. Telaga ini berfungsi juga untuk pembangkit tenaga listrik.

Curug Winong

Curug Winong

Sebuah area seluas kurang lebih 2 Ha dengan pemandangan alam yang menakjubkan serta sebuah curug dengan air mengalir berwarna biru yang indah adalah keajaiban alam yang bisa dinikmati di kawasan curug Winong yang terletak di desa Winongsari Kecamatan Kaliwiro. Pepohonan yang tumbuh di atas batu juga menjadi keindahan tersendiri, suara kemericik air terjun, udara segar, suguhan kicau burung dapat dirasakan di curug Winong ini dan suasana ini sangat cocok bagi yang sudah jenuh dengan hiruk pikuk perkotaan, kemacetan dan polusi.

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Keindahan Alam, wonosobo dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s