Lima Cabang Olahraga Penuhi Target Emas Sea Games

Lima cabang olahraga dipastikan telah memenuhi target yang dibebankan oleh Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) pada SEA Games 2015 di Singapura.

Cabang olahraga yang memastikan diri memenuhi target adalah berkuda, kano, wushu, judo dan perahu naga. Adalah Larasati Gading yang membuat cabang berkuda memenuhi target dua emas, setelah menjadi yang terbaik pada nomor tunggang serasi individi di Singapore Turf Club Riding Centre, Singapura, Selasa.

Sebelumnya tim berkuda Indonesia yaitu Larasati Gading, Alfaro Manayang, Ferry Wahyu Hadiyanto dan Dewi Kunti Njoto meraih medali emas dari nomor tim tunggang serasi.

“Dengan emas dari nomor tunggal tunggang serasi maka target dua emas untuk berkuda telah terpenuhi. Emas ini melengkapi emas tim tunggang serasi yang diraih sebelumnya,” kata koordinator cabang olahraga akurasi Satlak Prima, M. Asyik.

Setelah berkuda, cabang olahraga yang baru saja memenuhi target adalah kano. Dari tiga target yang ditetapkan, semuanya telah terpenuhi. Emas pertama dipersembahkan oleh Marjuki yang turun dinomor C1-1000 meter dan merupakan emas pertama bagi kontingen Indonesia.

Dua emas lainnya dipersembahkan oleh Spens Stuber Mehue dari nomor C1-200 meter putra. Serta pasangan Gandie dan Mugi Harjito yang turun dinomor K2-200 meter.

“Ada kejutan dari nomor kayak 2 yang sebelumnya hanya ditargetkan perak, justru mampu merebut medali emas. Spens memang menjadi harapan bagi tim Indonesia,” ujar manajer tim kano-kayak Indonesia, Hari Sidarta.

Meski mampu memenuhi target dari Satlak Prima, cabang kano-kayak ternyata masih kurang puas, setelah gagal memenuhi target yang dibebankan oleh Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia yaitu empat medali emas.

Selain berkuda dan kano, sebelumnya ada wushu dan judo yang memastikan diri memenuhi target. Emas wushu diraih oleh atlet andalan Indonesia yaitu Linswell dari nomor taijijian dan taijiquan. Sedangkan dua lainnya dipersembahkan oleh Achmad Hulaefi pada nomor cudgel dan Harris Horatius pada nomor nan quan + nan gun.

Target dari wushu ini telah sesuai dengan apa yang diharapkan Pengurus Besar Wushu Indonesia serta dari Satlak Prima yaitu empat emas.

Hasil yang cukup mengejutkan berasal dari cabang olahraga judo. Hanya ditarget satu emas oleh Satlak Prima justru mampu merebut empat medali emas. Target ini juga sesuai target yang dibebankan oleh Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia yaitu empat emas.

Emas dari cabang olahraga bela diri ini dipersembahkan oleh Mohammad Syaiful Raharjo pada nomor -66 kg putra, Ni Kadek Anny Pandini pada nomor 52-57 kg putri, Gerrad Christopher pada nomor 73-81 kg putra dan atlet senior Horas Manurung pada nomor 81-90 kg putra.

Sementara dari cabang traditional boat race atau lebih dikenal dengan perahu naga, kontingen Indonesia juga memenuhi target bahkan lebih. Satlak Prima hanya menargetkan satu emas, namun mampu merebut dua emas dari nomor TBR 12 crew 200 meter putra dan putri. Jumlah ini sesuai dengan target dari pengurus besar yang menaunginya.

Kontingen Indonesia pada SEA Games 2015 mengirimkan atlet dari 32 cabang olahraga. Pada kejuaraan dua tahunan ini Satlak Prima menargetkan minimal meraih 46 emas. Jumlah ini berbeda dengan target yang dicanangkan oleh pengurusa besar cabang olaharaga yang mencapai 67 emas.

Hingga hari keempat pelaksanaannya, Indonesia masih bertengger di posisi lima dengan 16 emas, 14 perak dan 32 perunggu. Adapun peraih medali tertinggi adalah tuan rumah Singapura dengan 43 emas, 34 perak dan 49 perunggu

Iklan
Pos ini dipublikasikan di kabar seputar indonesia, olahraga dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s